Selamatkan Sungai Masumai

Sungai Merangin yang tercemar | Foto ©Deri Sopian

Sungai telah berubah, warnanya kuning itu lah gambaran dari sungai Masumai. Hampir 3 tahun ini Sungai Masumai tercemar oleh aktifitas PETI, tercemarnya air sungai Masurai mengakibatkan masyarakat dari tiga desa di Kecamatan Batang Masumai (Desa Plangki, Desa Lubuk Gaung dan Desa Nibung) tidak lagi bisa memanfaatkan air sungai untuk keperluan sehari - hari. Saat ini masyarakat bagian hilir sungai yang menanggung akibat dari aktifitas PETI yang mengeksploitasikan sumber daya alam secara besar - besaran, tanpa memikirkan lagi akibatnya.
Belum ada solusi untuk menindak lanjuti masalah ini.....

Sungai Masumai | Foto ©Deri Sopian
Di muara sungai Masumai telah terjadinya fenomena sungai dua warna, masyarakat setempat menyebutnya dengan istilah keajaiban dunia(sungai dua warna). Sangat miris sekali ketika melihat sungai Masumai yang sekarang ini, dulu masih dapat melihat anak - anak kecil yang bermain - main di sungai, ibu - ibu yang sedang menyuci dan sekarang kegiatan yang seperti itu yang telah jarang/tidak pernah dilakukan lagi..
Pertanyaannya entah sampai kapan akan terus begini keindahaan alam yang sirnah oleh keserakahan orang - orang tertentu. #SaveOurRiver

Komentar

Postingan Populer