PERKUMPULAN BUMI MERANGIN DOKUMENTASIKAN GERHANA MATAHARI DARI 2945 mdpl GUNUNG MASURAI.




Gernaha Matahari 
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, butuh waktu 350 tahun untuk dapat melihat gerhana matahari total di tempat yang sama. 

Fenomena langka pada 9 Maret 2016 Juga akan terjadi diwilayah Provinsi Jambi, Momen inilah yang membuat Perkumpulan Bumi Merangin juga menjadi bagian dari kelompok yang tergugah keinginannya untuk menyaksikan penomena ini dari ketinggian 2945 mdpl - Gunung Masurai yang terdapat di Kabupaten Merangin - Jambi. 

Senin 07/03/ 2016, Perkumpulan Bumi Merangin sudah berangkat menuju Desa Sungai Lalang, Desa yang merupakan titik awal pendakian Gunung Masurai. Dalam agenda luar biasa ini juga ikut serta Mr.Hata dari Yokohama Negeri Tirai Bambu Jepang yang memiliki keinganan sama untuk menyaksikan gerhana matahari.



Home Stay G.Masurai





View Danau Kumbang Dari Puncak 1
Selasa 08/03/2016, tim Perkumpulan Bumi Merangin akan merencanakan pendakian dari pukul 08.00 wib pagi hari menuju puncak top Gunung Masurai atau minimal mencapai shelter II, Target Pencapaian pendakian ini agar memudahkan tim menyaksikan fenomana langka dari puncak top yang berdekatan dengan sheler II pada pagi hari berikutnya 09/03/2016. 

Fenomena ini tidak semua masyarakat Indonesia dapat menyaksikan secara langsung. Menurut BMKG, hanya 11 provinsi yang dilintasi gerhana matahari total. Ke-11 provinsi tersebut adalah Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka-Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.



Shelter 1
Kejadian gerhana ini akan terjadi pada pagi hari. Meski demikian, setiap wilayah memiliki waktu yang berbeda-beda. Di wilayah Indonesia barat, gerhana mulai pukul 06.20 WIB di wilayah Palembang dan mencapai puncaknya pukul 07.21; wilayah Tanjung Pandan mulai pukul 06.21 dan mencapai puncaknya 07.23 WIB; wilayah Palangkaraya mulai pukul 06.23 dan mencapai puncaknya 07.30 WIB; dan di wilayah Bengkulu (Muko-Muko), gerhana akan mencapai puncaknya pukul 07.19 WIB.

Di wilayah Tengah seperti Palu, gerhana mulai pukul 07.27 WITA dan mencapai puncaknya pukul 08.38 WITA. Hal ini berbeda dengan Ternate yang berada di wilayah Timur, di mana gerhana mulai pukul 08.36 WIT dan mencapai puncaknya 09.52 WIT.
#bumimerangin

Komentar

Postingan Populer