Goa Sengering dan Goa Bujang Bangko,Jambi

Tugu Goa Bujang (simbol Goa)
Indonesia memang memiliki banyak keindahan alam yang sangat menawan, Salah satunya wisata alam perut bumi (goa). Goa dengan bentuk yang alami dan semua cerita sejarah yang bisa hadir di
Menulusuri
Goa Bujang
dalamnya mampu menghipnotis dan membuat pengunjung yang datang terpesona.
Salah satunya adalah Goa Sengering, Keberadaan Goa Senggring belum begitu terpublikasikan dibandingkan dengan objek wisata alam lainya yang terdapat di Merangin.




Stalagmit Goa Bujang
Goa ini memiliki keunikan yang sangat menarik dimana bebatuanya yang sangat dominan dengan gaya dan bentuk yang berbeda-beda bahkan ada yang menyerupai gorden dan dihiasi dengan butiran air yang berkilau apabila terkena cahaya. Goa ini terdapat di Desa Sengering, Kecamatan Sungai Manau sekitar 40 KM dari Kabupaten Merangin.
Terowongan Goa Bujang
Untuk mencapai lokasi ini bisa menggunakan kendaraan umum bahkan dengan kendaraan bermotor dari Desa Sengering. Keberadaan gua ini dapat dicapai sekitar 1 jam perjalanan dari Desa Sengering melintasi aliran Sungai Sengering menuju ke arah Utara.

Di dalam gua terdapat kehidupan binatang seperti kelelawar, wallet, jangkrik goa, dan banyak binatang lainya di dalam gua ini di aliri oleh air sungai yang bermuara ke Sungai Mesumai. Di sekitar mulut Goa Sengering juga terdapat air terjun dengan ketinggian 4-5 meter. Di dalam goa ini sangatlah gelap maka dibutuhkan alat penerangan untuk melakukan penelusuran. Selain itu, yang terpenting adalah kekompakan tim dalam penelusuran gua ini. Goa Sengering memiliki panjang 305 meter dengan kelebaran sekitar 20 meter,  ketinggian gua kurang lebih sekitar 25 meter dengan batuan yang tajam maka dari itu perlu kehati-hatian dalam penelusuran go ini.

Stalagmit Goa Bujang
Di sekitar Goa Sengering juga terdapat Goa Bujang yang jaraknya tidak terlalu jauh dari mulut Goa Sengering. Bila ditempuh dengan jalan kaki sekitar 10 menit dari Goa Sengering menuju ke arah Utara kita sudah dapat melihat mulut Goa Bujang dengan jarak sekitar 800 meter dari mulut Goa Sengering di dalam Goa Bujang juga di lengkapai dengan berbagai bentuk ornamen goa dan di dalamnya juga terdapat air terjun dengan ketinggian 6 meter. Namun, untuk mencapai air terjun ini kita harus rela merayap di atas bebatuan yang terdapat di lorong kecil di dalam perut gua ini sebelum memaskuki gua Bujang  haruslah mencuci muka dan berdoa sebelum melakukan penelusuran gua. Konon kepercayaan penduduk setempat agar kita dapat melihat dengan jelas saat kita melakukan penelusuran goa.


Terowongan Goa Bujang

Info transportasi
  • Bangko- sei manau 32 km dapat ditempuh dengan kendaraan umum sekitar 1,5 jam.
  • Desa sengering- goa sengering berjalan kaki sekitar 1 jam melewati jalan setapak sungai sengering.






Komentar

Postingan Populer